Senin, 10 Oktober 2011

Belajar Tata Bahasa Korea : Bisa ( ㄹ / 을수 있다 )

Mungkin tidak perlu saya jabarkan panjang lebar mengenai fungsi dan bagaimana bentuk ini di ungkapkan, bentuk ini biasa biasa saja seperti halnya penggunaan kata ” bisa ” pada umumnya dalam keseharian kita. contoh simple saja , saya bisa menguasai bahasa mandarin sampai persentase 80 % dalam jangka waktu 1 tahun, tetapi sangat berbeda dengan bahasa korea, meskipun sudah belajar 3 tahun lamanya dan berada pada lingkunganya , saya masih tetap belum bisa menguasainya dengan lancar dan benar. Dari contoh tersebut jelas menyebutkan bisa atau tidaknya seseorang dalam sesuatu hal .Sebenarnya bentuk ini ada berbagai macam , hanya saja di sini saya tuliskan yang sering di pakai saja, toh juga fungsi dan peranannya sama. Dalam hal ini saya akan membahas bentuk / ㄹ수 있다 .
Dalam tata bahasa korea , bentuk  ” bisa ” di pengaruhi oleh ada tidaknya badchim pada kata sebelumnya. Secara simbolis bisa gambarkan sebagai berikut : Badchim ( o/x ) => P + / ㄹ수 있어요 , => bilamana ada bdchim : P + 을수 있어요 , dan kalau tanpa badchim : P + ㄹ수 있어요 , berikut contoh dan penjelasanya :
I ) Bentuk ada badchim : P + 을수 있어요
  • 읽다 ( ilgda / membaca ) : hilang , badchim => P + 을수 있어요 => + 을수 있어요 => 읽을수 있어요 ( ilgeulsu issoeyo / bisa membaca )
  • 믿디 ( mitda / percaya ) : hilang , badchim => P + 을수 있어요 => 믿 + 을수 있어요 => 믿을수 있어요 ( mideulsu issoeyo / bisa percaya )
  • 찍다 ( cigda / memotret ) : hilang , badchim => P + 을수 있어요 => + 을수 있어요 => 찍을수 있어요 ( cigeulsu issoeyo / bisa memotret )
  • 팔다 ( phalda / menjual ) : hilang , badchim ( badchim spesial ) => P + 을수 있어요 => + 을수 있어요 => 팔수 있어요 ( phalsu issoeyo / bisa menjual )
  • 듣다 ( deudda / mendengar ) : hilang , badchim ( badchim spesial ) => P + 을수 있어요 => + 을수 있어요 => 들수 있어요 ( deulsu issoeyo / bisa mendengar )
Contoh kalimat berbentuk badchim :
  1. 읽다 => Sebelum belajar bahasa korea saya tidak bisa membaca tulisan hangeul. Sekarang saya bisa membacanya dengan baik dan lancar.=> 저는 한국어를 공부하기 전에 한글 읽을수 없어요, 이제 읽을수 있어요.
  2. 믿다 => Kamu setiap hari sering berbohong, bagaimana saya bisa mempercayai kamu ? => 너는 매일 항상 거짓말 했어요, 어떻게 너를 믿을수 있어요?
  3. 찍다 => Aku bisa memotret sejak umur 16 tahun => 나는 16 살부터 사진을 찍을수 있었어요
II ) Bentuk tanpa badchim : P + ㄹ수 있어요
  • 시험하다 ( sihoemhada / ujian ) :   hilang , P + ㄹ수 있어요 => 시험하 + ㄹ수 있어요 => 시험 할수 있어요 ( sihoem halsu issoeyo / bisa mengerjakan ujian )
  • 자다 ( jada / tidur  ) : hilang , P  + ㄹ수 있어요 => + ㄹ수 있어요 => 잘수 있어요 (  jalsu issoeyo / bisa tidur )
  • 말하다 ( malhada / berbicara ) : hilang , P + ㄹ수 있어요 => 말하 + ㄹ수 있어요 => 말할수 있어요 ( malhalsu issoeyo / bisa bicara )
  • 내리다 ( naerida / turun ) : hilang , P + ㄹ수 있어요 => 내리 + ㄹ수 있어요 => 내릴수 있어요 ( naerilsu issoeyo / bisa turun )
  • 화나다 (  hwanada / marah ) : hilang , P + ㄹ수 있어요 => 화나 + ㄹ수 있어요 => 화날수 있어요 ( hwanalsu issoeyo / bisa marah )
Contoh kalimat bentuk tanpa badchim :
  1. 시험하다 => sebelum mengerjakan ujian andi belajar rajin dan banyak latihan , maka dari itu dia bisa mengerjakan ujian dengan baik => 시험을 하기 전에 안디씨가 열심히 배우고 연습을 많이 했어요, 그러니까 시험을 잘할수 있어요
  2. 자다 => kalau sudah kenyang, saya bisa tidur lebih awal => 불렀으면 일찍 잘수 있어요
  3. 말하다 => Saya bisa berbicara bahasa mandarin dengan baik tetapi tidak bisa berbicara bahasa korea => 저는 중국어를 말할수 있는데 한국어를 몰랐어요
https://master03.wordpress.com/2010/07/07/belajar-tata-bahasa-korea-bisa-%e3%84%b9-%ec%9d%84%ec%88%98-%ec%9e%88%eb%8b%a4/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar